Bagi yang sering mengerjakan soal-soal olimpiade matematika, terutama soal yang berkaitan dengan teori bilangan tentu akan mengamini bahwa pengetahuan tentang mana bilangan prima dan mana yang bukan sangat bermanfaat. Saya juga merasakan demikian. Walau untuk mengetes apakah suatu bilangan itu prima atau  bukan tidaklah terlalu susah, akan tetapi untuk bilangan diatas ribuan kadang malas juga.  Untuk itulah sebelumnya saya telah membuat daftar 500 bilangan prima pertama. Dan sudah update pula sampai 100.000 bilangan prima yang pertama.

Namun, namanya manusia sudah ada daftarnya kadang masih mau lebih. Mau yang lebih simpel. Mau lebih cepat. Mencari di daftar itu ribet, karena bilangannya kan banyak. Kadang kelewat jadi harus scroll ke atas dan ke bawah beberapa kali. Tak praktis. Dan masih banyak lagi alasan yang lain. Demikian pula saya, juga begitu.

Untuk itu saya iseng mencoba membuat program test bilangan prima dengan Pascal. Kenapa Pascal? Karena sampai detik ini saya baru pernah belajar Pascal. C++, Fortran, Delphy, Java saya tak paham, hehehe.

Prinsip yang saya gunakan untuk membuat program test bilangan prima menggunakan Saringan Eratosthenes. Type data yang saya gunakan adalah Longint jadi Anda bisa memasukkan bilangan bulat dari 1 sampai 2.147.483.647 untuk Anda test. Diluar range itu tidak bisa. Tapi menurut saya untuk sekedar menjawab soal range segitu sudah lebih dari cukup seharusnya.

Nah, cukup ceritanya. Bagi yang mau mencoba programnya silakan diunduh melalui link berikut :

Program Sederhana Test Bilangan Prima dengan Pascal

Semoga bermanfaat.